Penerbitan Mandiri dan “Kopdar Mini”


Atas jasa baik seorang teman blogger, akhirnya saya bisa “terdampar” di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, 9 November 2007 yang lalu. Ada acara workshop menarik di sana; “Cara Gampang Menerbitkan Buku Sendiri“. Narasumbernya adalah para “pendekar” dunia perbukuan yang punya gagasan kreatif untuk bisa terlepas dari jeratan penerbit komersial yang –maaf– seringkali tidak jujur kepada para penulis. Siapa yang tidak kenal Edy Zaqeus? Yak, anak muda kelahiran Madiun, 24 Maret 1971 dengan nama Sutopo Sasmito Edy ini telah menghasilkan beberapa buku “heboh” yang diterbitkan sendiri. Beberapa di antaranya bisa dibilang best-seller. (Selengkapnya baca di sini.) Siapa pula yang tak kenal Her Suharyanto? Beliau lebih senior ketimbang Edy Zaqeus. Bahkan, diakui sebagai gurunya Edy Zaqeus. Siapa pula yang tak kenal Andreas Harefa? Ya, Bung Harefa dikenal sebagai sosok muda yang gigih mewujudkan lahirnya pembelajar-pembelajar sejati untuk tidak terbelenggu dalam formalisme dunia persekolahan sebagaimana tercermin dalam buku best-seller-nya Menjadi Manusia Pembelajar. Mereka bertiga juga gencar memublikasikan gagasan-gagasan kreatif tentang dunia menulis lewat situs http://www.pembelajar.com.

Acara yang hanya diikuti oleh 10 peserta ini berlangsung interaktif dan dinamis karena memang memiliki minat serius untuk bisa menerbitkan buku secara mandiri. Walhasil, acara yang berlangsung mulai pukul 09.00-17.00 ini pun berhasil meniupkan “roh” kesadaran baru bahwa self-publisihing ternyata bisa dilakukan oleh siapa saja. Yang perlu dilakukan adalah keseriusan untuk menekuninya secara profesional.

buku-5.jpg

(Suasana workshop)

buku-6.jpg

(Bung Edy Zaqeus memperesentasikan “Cara Gampang Menerbitkan Buku Sendiri”)

Usai mengikuti workshop, secara tak terduga saya bisa bertemu dengan tiga blogger WP yang selama ini postingan-postingannya sudah sering nampang di BOTD WP. *Seperti mimpi saja nih.* Ya, mereka adalah Mbak Hanna, Mbak Fira, Mas Mbelgedez, dan Mbak Hesti, sahabat Mbak Hanna yang –konon– sekaligus juga guru les privat bahasa Inggrisnya. Karena sudah biasa bertemu di dunia blogosphere, kami tampak sok akrab dan langsung terlibat dalam pergunjingan. Sesekali ngakak-ngakak. “Kopdar mini” *halah, sok latah, yak!* yang berlangsung di lantai 1 hotel Peninsula itu pun berlangsung akrab, hangat, dan penuh sentuhan nilai kekeluargaan. Usia kandungan Mbak Fira yang sedang memasuki usia ke-3 bulan pun tak menghalangi kelincahan dan keramahannya dalam obrolan dan pergunjingan. (Jangan lupa jaga kesehatan dan “Malaikat Kecil” yang ada dalam kandungan, ya, Mbak Fira. Semoga kelak menjadi anak yang hebat, cerdas, berbakti, dan berguna *halah* bagi nusa, bangsa, negara, dan agama, amiin).

kopdar-4.jpg

(Dari kiri: Mbak Hesti, Mbak Fira, dan Mbak Hanna tengah menikmati santap malam)

kopdar-3.jpg

(Layanan pihak hotel yang sedikit lamban membuat Mbak Hanna terlambat santap malam. Mas Mbelgedez hanya tampak celana dan sepatunya, hehehe😀 *Masih enjoy dengan “kemisteriusan”-nya di dunia blogosphere sehingga wajah handsome-nya tak mau ditampakkan* )

Topik obrolan dan pergunjingan pun terus mengalir dan berganti-ganti topik; mulai dari layanan internet yang digunakan untuk aktivitas ngeblog, bloger “nyentrik”, hingga atmosfer dunia blogosphere yang mulai ramai oleh kehadiran bloger-bloger baru. Tanpa terasa, malam megapolitan Jakarta mulai tercium. Tiba-tiba saya teringat bahwa besok saya harus mendampingi rekan-rekan sejawat guru di Semarang yang ingin mengenal dan membuat blog. Sebenarnya saya masih betah *dasar katrok dan ndesa, hehehehe😀 * berlama-lama dan terus ngobrol sampai puas-puas-puas, hehehe😀 tapi apa boleh buat. Malam itu juga saya harus *halah sok jadi orang penting* segera pulang.

Syahdan, Mas Mbel pun mesti harus repot-repot mengantarkan saya ke terminal. Terima kasih Pak RT, yak, akhirnya saya tiba juga di kampung halaman. Terima kasih juga saya sampaikan kepada Mbak Hanna, Mbak Fira, dan Mbak Hesti yang telah berkenan menerima saya dengan tulus dan akrab. Semoga Tuhan berkenan mempertemukan kita kembali pada waktu dan kesempatan yang lain. Salam hangat. ***

AddThis Social Bookmark Button

44 Komentar (+add yours?)

  1. kurtubi
    Nov 12, 2007 @ 16:45:29

    Waaha kang Sawali gak ngajak² mau ketemuan sama mbak Hanna dan Bu Fira…

    Terus mana oleh2nya menjadi self publishingnya, menysul yaa tau ide nulisnya keburu masuk ke topik kopdar miniaturnya itu… btw, makasih telah menjepret gambar2nya sehingga saya tidak meraba tapi juga bisa merasa siapa itu mereka…🙂

    Balas

  2. mbelgedez
    Nov 12, 2007 @ 16:51:38

    Wadooohh,…
    Tak tinggal bentar dah keduluan pak Kurt…

    Ya udah…

    Podium dua deh….

    Balas

  3. mbelgedez
    Nov 12, 2007 @ 16:53:17

    Mingsih gemez karena keduluan…

    Balas

  4. mbelgedez
    Nov 12, 2007 @ 16:56:52

    Mbelgedez hanya tampak celana dan sepatunya, hehehe😀 *Masih enjoy dengan “kemisteriusan”-nya di dunia blogosphere sehingga wajah handsome-nya tak mau ditampakkan

    Ke…Ke….Ke… 🙂

    Balas

  5. Bachtiar
    Nov 12, 2007 @ 17:21:37

    haa… makasih.

    Balas

  6. caplang™
    Nov 12, 2007 @ 18:00:32

    yah kok ga kasi kabar, pak?
    kan saya juga pengen poto bareng om mbel ktemu…

    Balas

  7. extremusmilitis
    Nov 12, 2007 @ 18:02:14

    Waduh ternyata jadi juga yaks acara-nya, aku juga udah di-ajak Hanna, tapi bener-bener ndak sempet, cuti-ku belon di approve sama atasan😥
    *buru-buru minta maaf sama Hanna*

    Balas

  8. danalingga
    Nov 12, 2007 @ 18:31:15

    Berarti buku saya bisa di terbitin pak sawali nih.😀

    Balas

  9. Sawali Tuhusetya
    Nov 12, 2007 @ 20:02:21

    @ kurtubi:
    Waduh, Mas Kurt, lha wong saya juga hanya sekadar ngikut, kok, hehehehe😀 Oleh2nya? Ntar deh, latihan bersabar ya, mas Kurt, hehehe😀 OK, trims.

    @ mbelgedez:
    Waduh, dalam sehari dah hetrix 2x nih, Mas Mbel! Mau nyaingin Rossi, yak? Hehehehe😀 Kali aja geberannya nggak sekenceng Mas Kurt nih. Tersalip terus jadinya. Hueueueue😀 OK, deh, trims.

    @ Bachtiar:
    Ho’ooo. Makasih juga Mas Bachtiar, ya!

    @ caplang™:
    *Halah* Kan hanya sekadar ngikut saya, hehehehe😀 *Nunggu laporan kopdarnya di Tangerang*

    @ extremusmilitis:
    Ya, itu, Bung Militis, jadi juga, yak! Sayang, hanya izin saja kok dipersulit, yak! Kalau Bung Militis jadi ikutan, wah bakalan makin rame pastinya. Ok, deh, mudah2an ada kesempatan lain untuk nongol bareng2, hehehe😀 OK, trims.

    @ danalingga:
    *Halah* Saya kan baru nyuri-nyuri ilmunya para pendekar di dunia perbukuan itu, Mas Dana, hehehehe😀 Yak, mudah2an ada deh pihak yang berkenan untuk menerbitkan tulisan2 Mas Dana. OK, trims.

    Balas

  10. Hanna
    Nov 12, 2007 @ 20:32:00

    Ada apa yach? Ada apa yach?
    Pura-pura ga tahu ah…takut ditimpuk teman yang lain.
    Habis pengemar pak Sawali di Jakarta terlalu banyak.

    Balas

  11. Hanna
    Nov 12, 2007 @ 21:40:05

    @extremusmilitis
    Masih ada hari lain, sobat.
    Moga suatu hari kita semua bisa bertemu di alam nyata, he he he.

    Balas

  12. Yari NK
    Nov 12, 2007 @ 22:23:14

    workshop apa ya?? Kopdar apa ya??

    **pura2 ngga tahu padahal sirik**:mrgreen:😛

    Balas

  13. Sawali Tuhusetya
    Nov 12, 2007 @ 22:44:58

    @ Hanna:
    Huehehehehe😀 Mbak Hanna bisa aja nih. Penggemar apaan? Kayak seleb blog aja. OK, makasih banget lho, Mbak, sambutannya di Jakarta. OK, salam.
    Untuk Bung Militis, dah dijawab tuh sama Mbak hanna, OK, deh.

    @ Yari NK:
    *Halah* Bung Yari komennya pendek banget, hehehehe😀
    *Hanya pas dan kebetulan ketemu temen2 sekalian mempublish-nya nih Bung Yari, hehehehe * 😆

    Balas

  14. mas ut
    Nov 12, 2007 @ 23:22:30

    Wah aku jadi ngiri nih, ketemu para tokoh pembelajar.com yang selalu aku ikuti tulisan-tulisannya. Tapi di workshopnya belum pernah ngikut, Nggak kuat bayar! Hehe,…

    Balas

  15. Sawali Tuhusetya
    Nov 12, 2007 @ 23:27:58

    @ mas ut:
    Waduh, Pak Ut, saya ikut juga berkat jasa baik seorang teman blogger, hehehe😀 Yak, makasih Pak Ut.

    Balas

  16. deKing
    Nov 13, 2007 @ 02:06:55

    Ya saya kok ga diajak si Pak? Saya juga pengen ikut ketemu para teman blogger2 favorit …… (hehehe…….m😀 )

    Balas

  17. rozenesia
    Nov 13, 2007 @ 02:34:35

    Heueehh… Kopdarnya keren…😦
    Beda banget sama kopdar @ angkringan khas Jogja. *barusan pulang kopdar kesekian kali sama om antobilang cs.*

    Tambah skrinsyutnya dong pak!! Penonton kecewa…😆

    Balas

  18. Sawali Tuhusetya
    Nov 13, 2007 @ 06:12:32

    @ deKing
    Pak deKing mesti terbang dulu dong ke Jawa Hueueue😀 Yak, kebetulan saja bertemu, lantas ngobrol bareng2. Kalau di Holland nggak ada ya Pak kopdar-kopdaran itu? OK, salam.

    @ rozenesia:
    Wah, pasti rame, ada antobilang sih. Selain itu, Yogya kan kaya bloger sehingga kalau nggelar acara pasti nglebihi pasar rakyat, hehehehe😀 Ok, mas roze, trims.

    Balas

  19. Ersis WA
    Nov 13, 2007 @ 07:22:02

    Hebat euy … pingin ikut … betul tu, Pak Swali ngak ngajak-ngajak. Siiip, mudah-mudahan hasilnya buku yang bagus. Selamat deh.

    Balas

  20. Hesti
    Nov 13, 2007 @ 08:37:06

    Hallo Pak Sawali,

    Benjang menopo Bapak tindak mriki malih? Harapannya Bapak berkunjung lebih lama karena waktu yang pendek kemarin bener bener tidak cukup untuk membicarakan asyiknya dunia blogger yang sarat dengan tulis menulis…masih ada banyak hal yang ingin belajar dari bapak contohnya “Bagaimana menjaga stamina tetap prima setelah tidak tidur nyenyak selama 2 hari 2 malam plus diselipin kegiatan seminar yang puaaaaaanjang?

    Balas

  21. mawardi
    Nov 13, 2007 @ 09:01:40

    menraik sekali, ditularkan lebih detail pak

    Balas

  22. caplang™
    Nov 13, 2007 @ 10:45:08

    setelah ngeliat potonya lagi…
    om mbel ganteng juga:mrgreen:

    *nunggu dilempar dompet*

    Balas

  23. mrtajib
    Nov 13, 2007 @ 14:27:36

    kayaknya perlu belajar nih bagaimana menerbitkan buku sendiri…..

    Balas

  24. Sawali Tuhusetya
    Nov 13, 2007 @ 14:28:25

    @ Ersis WA:
    Terima kasih doanya Pak Ersis. Dalam soal dunia kepenulisan, Pak Ersis kan malah lebih tahu duluan, hehehe😀 OK, salam.

    @ Hesti:
    *Halah* Saya jadi ge-er, nih, Bu Hesti, hehehehe😀 Sebenarnya sih kepinginnya begitu. Yak, mudah2an pada kesempatan lain kita masih bisa bertemu. OK, salam.

    @ mawardi:
    Makasih, Pak Mawardi. Memang sudah saatnya guru punya blog agar lebih dinamis dan kreatif dalam menjalankan profesinya. OK, salam.

    @ caplang™:
    Foto yang mana? hehehe😀 Emangnya Bung Caplang belum pernah “beradu jidat” dengan Mas Mbel, yak?
    *Nglempar dompet setelah naik ke podium 2, hehehe😀 * OK, salam.

    @ mrtajib:
    Kayaknya memang asyik dan penuh tantangan nih Bung kalau bisa menerbitkan buku sendiri. Perlu dicoba kali ya? OK, salam.

    Balas

  25. sigid
    Nov 13, 2007 @ 16:04:10

    @ Caplang

    om mbel ganteng juga

    Hiiii, kabuuur ………….

    Balas

  26. SQ
    Nov 13, 2007 @ 18:04:29

    wah..wah..kayaknya saya terlambat berita nih?
    Asyiknya kalau bisa ikut kumpul…😦

    Balas

  27. Sawali Tuhusetya
    Nov 13, 2007 @ 21:20:39

    @ sigid:
    *Hanya ngakak melihat Pak Sigid kabuuur, hehehehe😀 *

    @ SQ:
    Nggak juga Pak Syam. Ya, nih, Pak Syam, moga2 pada kesempatan lain kita bisa kumpul bareng. OK, salam.

    Balas

  28. fira
    Nov 13, 2007 @ 22:10:32

    Assalamualaikum pak Sawali,saya baru nongol nih maaf yah pak. Eh kok ada Fira disitu? Itu kali kembarannya pak hehehehe gak ding becanda. Makasih yah pak senang bisa kopdar ama pak Sawali kapan-kapan kita lanjut lagi biar puas kupas soal tulis menulis nih pak.Kehamilanku gak merubah niat dan hobby menulis hanya beberapa waktu lalu Fira ada absen lama karena yah seperti yang Fira jelasin kan pak,juga lagi mau ganti speedy beralih ke kabelvision nih biar lebih irit pak hehehehe.Sip koment di puisi Fira menambah ilmu buat Fira lagi nih.Once again thanks yah pak Sawali,wadduh kepanjangan nih postingannya. Wassalam.

    Balas

  29. Sawali Tuhusetya
    Nov 13, 2007 @ 22:21:07

    @ fira:
    Wa’alaikum salam. Wah, dah mulai ngeblog lagi, ya, Mbak? Kalau memang sedang capek *halah sok nasihatin* nggak usah dipaksakan, Mbak. Nulis itu kan aktivitas berkespresi. Ngeblog juga, kan? OK, deh, Mbak, mudah2an kita punya kesempatan lain untuk bisa ketermu di darat, hehehe: D OK, salam.

    Balas

  30. cK
    Nov 13, 2007 @ 22:54:00

    walah…kopdar nggak ngajak-ngajak…😦

    Balas

  31. benbego
    Nov 14, 2007 @ 04:14:51

    wah…ketinggalan berita nih! coba klo tau, pengen ikut juga. btw, kapan publikasi hasil workshopnya? Lg mau yg gratisan aja nih Pak!:mrgreen:

    Balas

  32. goop
    Nov 14, 2007 @ 08:02:55

    😀 lain kali saya diajakin yah paman!!:mrgreen:
    -saya tunggu buku-bukunya-

    Balas

  33. Sawali Tuhusetya
    Nov 14, 2007 @ 15:50:28

    @ cK:
    Hehehehe😀 Ya begitulah kopdar dadakan, Mbak Chika. Ketemunya hanya kebetulan. Nggak ada rencana sebelumnya, sih, hehehe😀 Jadi, nggak bisa ngajak-ngajak deh.

    @ benbego dan goop:
    Heueueue😀 Mas Ben dan Mas Goop, ini baru curi2 ilmunya para pendekar di dunia perbukuan, hehehe😀 Belum ada rencana lanjutan untuk nerbitin buku-buku sendiri. Entah nanti kalau ada yang ngajak joinan, hehehe😀

    Balas

  34. rozenesia
    Nov 14, 2007 @ 18:34:10

    @ rozenesia:
    Wah, pasti rame, ada antobilang sih. Selain itu, Yogya kan kaya bloger sehingga kalau nggelar acara pasti nglebihi pasar rakyat, hehehehe Ok, mas roze, trims.

    Apanya yang rame pak? Jam 11 malam gitu… terus foto-foto di Tugu Jogja lewat jam 12 malam…😆
    Isinya lelaki semua pula.😆

    Ga ada enaknya, udah bosen liat wajah om anto.😆 *digebuk*

    Balas

  35. Sawali Tuhusetya
    Nov 14, 2007 @ 19:16:22

    @ rozenesia:
    Lho, masak cowok semua, sih, Mas? tikabanget nggak ikutan, yak? Tapi, paling nggak dah bisa bersilaturahmi di darat, kan? Tidak hanya say-hello aja di dunia maya, hehehehe😀

    Balas

  36. Dimas
    Nov 15, 2007 @ 07:20:43

    ikutttt kalo di jogja *eh tapi belum ada yang kenal sayah, huhu…*

    salam kenal dari pendatang baru @ jogja😀

    Balas

  37. rozenesia
    Nov 15, 2007 @ 10:10:39

    OOT lagi ahh…

    @ Sawali Tuhusetya: Ndak ikutan, pak. Yo jam 11 malam gitu. isinya lelaki semua, jadi obrolan om-om yang udah pada tua (saya yang paling muda) itu jadi ngelantur ke mana-mana, termasuk bokep.😆
    Eh, udah sering bersilaturahmi di darat sama beberapa oknumnya, pak. Jadi bosen liat om anto, om zam, om eko, dkk.. 😆

    @ Dimas: Kontak om antobilang sanah…😆

    Balas

  38. itikkecil
    Nov 15, 2007 @ 13:02:49

    jadi iri pak…..

    Balas

  39. Sawali Tuhusetya
    Nov 15, 2007 @ 15:51:31

    @ Dimas:
    Oh, lama2 nanti pasti kenal dan akrab Mas Dimas. Salam kenal juga. OK, trims.

    @ rozenesia:
    Oh, begitu, yak. Acara Kopdar mendatang mungkin perlu disiasati waktunya agar nggak terlalu malam ya Mas Roze, biar banyak cewek yang bisa ikutan. OK.

    @ itikkecil:
    *Halah* Emang Palembang belum ada kopdar ya, Mbak, hehehehe😀 Moga-moga makin banyak bloger yang peduli untuk silaturahmi di darat. OK.

    Balas

  40. almascatie
    Nov 16, 2007 @ 01:35:17

    jadi pengen kesana 🙂

    Balas

  41. vino
    Nov 16, 2007 @ 10:56:35

    anak baru kagak diajak😦 ?

    Balas

  42. Sawali Tuhusetya
    Nov 16, 2007 @ 14:41:10

    @ almascatie dan vino:
    *Halah* Ketemunya nggak sengaja tuh. Suatu ketika kita gelar kopdar rame2. Siap jadi panitianya, kan?

    Balas

  43. Her Suharyanto
    Nov 28, 2007 @ 10:26:36

    Wah Pak Sawali…. bikin baju saya terasa terlalu sempit, hehe…. saya senang dengan kata “guru” dalam arti sejauh bisa membuat muridnya lebih besar, lebih hebat. Kalau muridnya masih “lebih kecil”, dia belum guru…
    Terimakasih appresiasinya, Pak… jan blognya apik tenannnn….

    Balas

  44. Sawali Tuhusetya
    Nov 28, 2007 @ 13:52:06

    @ Her Suharyanto:
    Kenyataannya begitu, Pak Her, meski belum lama kenal, hehehe😀 Wah, ternyata ada makna filosofisnya yang dalam di balik kata “guru”, ya, Pak. Wah, jadi makin penasaran, nih. OK, makasih juga atas kunjungan dan apresiasi Pak Her. OK, salam.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: